Artis Wisata Pendidikan Otomotif

Topik anda: Pasang Iklan, Hotel, Produk, Wisata KLIK INI

23 Februari 2013

Khasiat Minyak Zaitun

Khasiat Minyak Zaitun
Minyak Zaitun atau Olive Oil adalah minyak yang diperoleh dari buah zaitun, yaitu pohon tradisional yang berasa dari basin Mediterania. Berbagai manfaat dan khasiat Minyak Zaitun sudah dikenal sejak zaman dahulu atau menurut sejarah pada puluhan ribu tahun yang lalu, tetapi tidak hanya pada zaman dahulu saja, melainkan pada masa sekarang juga minyak zaitun masih terasa dan masih banyak digunakan baik untuk keperluan memasak, kosmetik, dan juga obat herbal, dll. Berbagai manfaat minyak zaitun juga pada jaman dahulu kala digunakan sebagai sabun, serta sebagai bahan bakar untuk lampu penerangan.

Pada zaman modern seperti sekarang ini, minyak zaitun juga dianggap sebagai minyak yang menyehatkan tubuh manusia, karena banyak mengandung lemak tak jenuh yang tinggi, khusunya pada asam oleik dan polifenol yang terdapat pada minyak ini.
Ada 3 jenis minyak zaitun yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Minyak Zaitun Sulingan
Jenis ini merupakan jenis minyak zaitun yang mengalami proses penyulingan lanjutan setelah proses pertama. Warnanya kekuningan dan cocok digunakan untuk menumis. Minyak zaitun jenis ini manfaatnya sudah sangat berkurang karena sudah melewati beberapa tahap penyulingan.

2. Minyak Zaitun Murni
Salah satu ciri minyak zaitun yang murni biasanya berwarna hijau kekuningan. Manfaat minyak zaitun jenis murni ini yang paling baik adalah untuk masak dengan pemanasan yang tidak terlalu lama. Jenis minyak zaitun murni adalah hasil proses lanjutan dari jenis yang extra virgin. Harga pasaran biasanya lebih rendah dari jenis sulingan dan extra virgin.

3. Minyak Zaitun Extra Virgin
Ciri jenis extra virgin yaitu warnanya kehijauan, memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam. Minyak ini sangat tidak disarankan untuk menumis atau menggoreng karena kadar minyaknya yang rendah. Cara mengambil manfaat minyak zaitun jenis extra virgin adalah langsung dikonsumsi.

Adapun manfaat dari minyak zaitun ini adalah :

1. Pereda sakit dan nyeri
Campurkan enam tetes minyak esensial lavender dengan dua sendok makan minyak zaitun, kemudian gunakan minyak ini sebagai minyak pijat di bagian yang sakit.

2. Mencegah Sakit Jantung
konsumsi dua sendok makan minyak zaitun untuk menghilangkan hampir setengah risiko kematian akibat penyakit jantung. Sedangkan mengkonsumsi satu sendok makan minyak zaitu dapat memotong risiko penyakit jantung hampir 28 %.

3. Kulit dan rambut kering
Campurkan kuning telur dengan minyak zaitun dan oleskan pada wajah. Kemudian cuci bersih dengan air setelah 20 menit. Untuk mencerahkan kulit, tambahkan sedikit lemon ke dalamnya. Campuran ini juga bisa digunakan pada rambut yang kering, agar tumbuh subur dan bersinar.

4. Tabir surya
Campurkan minyak zaitun dengan air teh (teh yang sudah direbus dan disaring) dalam ukuran yang sama. Kemudian usapkan ke seluruh tubuh dan wajah, dan diamkan selama satu jam. Bilas tubuh dan wajah Anda tanpa sabun agar manfaatnya masih terasa.

5. Kuku rapuh
Campur 1/4 cangkir minyak zaitun dengan minyak lemon dan kayu putih, kemudian rendam kuku dalam campuran ini selama 20 menit.

6. Mengurangi Kolesterol Jahat
Minyak zaitun sangat kaya akan antioksidan yang mampu menurunkan kolesterol LDL. minyak zaitun jenis extra virgin merupakan jenis yang paling efektif untuk menurunkan LDL.

7. Membunuh/Mengusir Kutu Kepala
Penggunaan minyak zaitun, sangat ampuh untuk membunuh kutu kepala. Sebagai gambaran dalam beberapa jam saja bisa membunuh kutu yang ada di kepala 276. Inilah kenapa bisa dikatakan manfat minyak zaitun untuk membunuh kutu kepala sangat ampuh.

8. Menekan Radang Sendi
Hasil riset terhadap 145 orang pengidap radang sendi di Yunani, menunjukan minyak zaitun sangat baik melindungi tubuh dari terjadinya penyakit radang sendi. Hal ini di publikasikan oleh Majalah AMJ CLIN NUTR edisi November 1999.

9. Mengurangi Potensi Munculnya Tukak Lambung
Gizi yang terkandung dalam minyak zaitun bisa memiliki pengaruh positif dalam melindungi tubuh dari kanker lambung dan mengurangi timbulnya penyakit tukak lambung.

10. Menyembukan Bisul
Gunakan minyak zaitun extra virgin untuk memasak. Ini mengurangi bisul dan gastritis juga menyembuhkan. Omega-3 asam lemak dalam minyak zaitun menurunkan tekanan darah.

11. Melindungi tubuh dari Diabetes
Lemak tak jenuh dalam minyak zaitun juga melindungi tubuh dari diabetes. Jika Anda menderita arthritis atau asma, sertakan minyak zaitun dalam menu makanan harian Anda.

Ini adalah beberapa manfaat bagi kesehatan dari minyak zaitun.

Khasiat Minyak Zaitun
Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

Description: Khasiat Minyak Zaitun Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Khasiat Minyak Zaitun

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))