Artis Wisata Pendidikan Otomotif

Topik anda: Pasang Iklan, Hotel, Produk, Wisata KLIK INI

6 Februari 2013

Tips : Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Tips : Cara Mengatasi Mual Saat Hamil
Saat anda memgalami rasa mual dan muntah pada saat awal kehamilan anda tidak usah panik dan bingung, rasa mual dan muntah pada ibu hamil itu wajar dan sudah biasa terjadi pada setiap wanita hamil, rasa mual dan muntah tersebut biasanya terjadi pada masa 3 bulan awal kehamilan.

Rasa mual dan muntah pada setiap wanita hamil akan memiliki tingkat derajat yang berbeda-beda, ada yang tidak terlalu merasakan rasa mual dan muntah, ada juga wanita hamil yang merasakan mual tetapi mual yang biasa saja, tapi ada juga yang merasa sangat mual dan muntah setiap saat sehingga wanita tersebut memerlukan pengobatan yang khusus.

Berikut beberapa tips untuk membantu anda mengatasi rasa mual dan muntah pada saat awal kehamilan :

1. Usahakan untuk makan dalam porsi yang sedikit tapi sering, makan dalam porsi besar hanya akan membuat anda bertambah mual. Saat anda tidak merasa mual berusahalah untuk makan dengan porsi kecil tapi sering sebelum rasa mual itu kembali datang.

2. Usahakan untuk makan makanan yang kaya akan karbohidrat dan protein yang dapat membantu anda mengatasi rasa mual. Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayuran untuk mendapatkan karbohidrat dan protein yang tinggi seperti roti, kentang, biskuit, apel, jeruk dll.

3. Saat pagi hari sewaktu anda bangun tidur jangan langsung terburu-buru terbangun, cobalah duduk dahulu dan baru perlahan berdiri untuk bangun. Bila anda merasa sangat mual ketika bangun tidur, cobalah untuk makan snack atau biskuit dahulu sebelum anda mencoba untuk berdiri.

4. Hindari makanan yang berlemak, berminyak dan pedas, hal tersebut hanya akan memperburuk rasa mual anda.

5. Usahakan untuk minum secukupnya agar anda terhindar dari dehidrasi akibat muntah. Minumlah air putih ataupun juice. Hindari minuman yang mengandung kafein dan karbonat.

6. Vitamin kehamilan kadang dapat memperburuk rasa mual, tapi anda tetap memerlukan folat untuk kehamilan anda. Bila anda mengalami rasa mual dan muntah yang sangat hebat, konsultasikan kepada dokter anda agar dokter dapat memberikan saran yang terbaik untuk vitamin yang akan anda konsumsi.

7. Vitamin B 6 sangat efektif untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Namun sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter anda untuk pemakaiannya.

8. Menggunakan cara pengobatan tradisional, biasanya orang menggunakan jahe dalam mengurangi rasa mual pada berbagai pengobatan tradisional. Penelitian di Australia menyatakan bahwa jahe dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi rasa mual dan aman untuk ibu dan bayi. Pada beberapa wanita hamil ada yang mengkonsumsi jahe segar atau permen jahe untuk menbantu mengatasi rasa mualnya.

9. Istirahat yang cukup dan merasa rileks akan sangat membantu anda mengatasi rasa mual dan muntah, karena bila anda stres akan memperburuk rasa mual anda. Cobalah beristirahat yang cukup dan santai seperti dengan mendengarkan musik, membaca buku bayi atau majalah kesayangan anda dll

Rasa mual dan muntah pada awal kehamilan memang terkadang terasa menjengkelkan, namun hal ini akan segera berlalu tanpa anda sadari dan ini akan menjadi salah satu pengalaman menarik selama kehamilan anda. Jika anda merasa putus asa dalam menahan rasa mual dan muntah cobalah bayangkan saja tentang si kecil yang mungil yang akan segera hadir ke dunia dan akan membawa sejuta kebahagian untuk anda dan keluarga, terutama bagi suami tercinta..!!!

Tips : Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang
Description: Tips : Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Tips : Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))